Minggu, 15 Juni 2014

Brewok & Tukang Becak

Siang hari dengan terik matahari yang menyengat itu rupanya bukan menjadi alasan bagi brewok untuk tidak melancarkan niat ‘bulus’ nya. Tepat pukul 13.00 dia berjalan menyusuri jalanan sempit disekitar rumahnya. Misinya satu yakni ‘mokel’ bareng-bareng dengan temannya yang sudah mereka rencanakan semalam.

Sesampainya di penghujung gang sempit, dia berjalan sedikit kearah timur, yah rupanya dia ingin menaiki becak kali ini , hal yang sangat jarang sekali dilakukan oleh si brewok yang bermuka serem, ibarat sahabat Umar bin Khottob yang bahkan syetan pun lari terbirit-birit apabila melihat beliau. Brewok si pemuda yang sebenarnya cukup sopan kepada siapapun ini memang meiliki postur tubuh yang tinggi besar, kulit coklat agak ke-hitam-an, rambut sedikit tak teratur, ditambah lagi suaranya yang berat ibarat salon full bass. Bisa dipastikan siapapun yang belum kenal dengan brewok dia akan menganggap brewok sebagai preman raja tega.

Beberapa langkah dia berjalan, tiba-tiba dia berhenti disamping tukang becak yang terlihat dengan nikmat menghisap sebatang rokok lawas yang sudah hampir habis.

Brewok (B) : Pak, becak ke Jalan Mastrip yah, berapa?

Tukang Becak (T) : 10 ribu mas, soalnya cukup jauh jalan Mastrip itu mas.

B : oke pak, santae aja (melemparkan senyuman ke bapak tukang becak)

T : monggo mas
setelah beberapa menit brewok menikmati ayunan becak dia mulai membuka pembicaraan dengan bapak si tukang becak, dengan gaya nya yang sok bijak dia bertanya kepada bapak tukang becak ;

B : pak, kenapa tida puasa? (sesekali menoleh kearah belakang melihat muka bapak tukang becak)

T : (tersenyum kecut) ruwet mas…
B : lha kenapa pak?

T : saya ini tukang becak mas, dan tidak ada pekerjaan lain selain ini, istri dan anak saya bisa makan sehari-hari ya dari penghasilan becak ini mas.

B : terus hubungannya dengan tidak puasa apa pak?

T : umur saya sudah lebih dari setengah abad mas, tenaga saya sudah berkurang jauh, seandainya saya puasa bisa saya pastikan saya tidak akan dapat mengayunkan becak sebagaimana mestinya. otomatis jatah untuk makan anak istri saya akan berkurang, saya tidak rela kalau sampai melihat anak istri saya menahan rasa lapar gara-gara tidak ada yang dipakai untuk makan

(brewok yang awalnya sedikit ‘leyeh-leyeh’ seketika menegakkan punggungnya pertanda serius untuk mendengarkan cerita pak tukang becak, masih dengan ke-bengong-annya yang kadang-kadang terlihat dari raut mukanya, sesekali keluar suara batuk dari mulutnya yang hitam kelam)

T : saya sadar mas kalau ini dosa, dan saya tidak mengingkari itu, namun harus bagaimana lagi ??? Tiap hari pak ustadz memberikan tausyiah tentang haramnya meninggalkan puasa, dosa yang akan diterima bagi orang yang tidak berpuasa pada bulan ramadan, tapi apakah pernah beliau-beliau para ustadz yang mulia merasakan apa yang kami rasakan, beliau-beliau dengan santai dan penuh harap ketika menyampaikan tausyiah, itu karena beliau-beliau berada di posisi yang lebih nyaman daraipada kami. kami yang merasakan bagaimana sulitnya hidup dengan segala keterbatasan mas, hal itu tidak mudah sebagaimana yang sebagian orang pikirkan. Namun saya juga tidak menyalahkan pak ustadz yang memeberikan tausyiah, itu sudah menjadi kewajiban mereka sebagai orang yang memiliki ilmu untuk berbagi dengan yang lain. tapi ya saya mohon maaf mungkin saya belum bisa mas. Air mata anak saya terlihat begitu menyedihkan bagi saya mas. saya tak tega membayangkannya apalagi melihatnya.

(brewok yang masih dengan kebengongannya semenjak awal tiba-tiba tertunduk lesu, dia merasa malu ketika membandingkan si bapak tukang becak dengan dirinya, sangat jauh, walaupun sama-sama tidak melaksanakan kewajiban puasa waktu itu)

B : hmmm… iya pak, turun dekat tambal ban situ aja pak yah..

T : baik mas
Posted on by Inyong's Blog | 1 comment

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus