Selasa, 09 Desember 2014

Ini yang Namamnya Pencerahan Mindset

Sore yang luar biasa... luar biasaaa.... tak seperti biasanya ketika mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar tentang usaha/enterpreneur. Dengan materi "Motivasi Bisnis IT" Pak Imam Nachu atau yang akrab disapa Cak Imam dengan berapi-api menyampaikan kebobrokan kalangan santri NU pada era ini. Banyak yang beliau singgung sebagai titik tekan pembahasan pada awal-awal materi yang disampaikan. NGANTU'AN, TELATAN, LEMBEK, NGELEMPREK, LEMES, NGGAK TEGAS, dan lain sebagaianya.

Sponsor ==> Sholat isya', di pimpin lagi sama pak musafir tadi, suaranya menggelegar, nggak pakek mic udah ceto welo-welo... :))

Terlebih lagi disaat pertengahan pembahasan materi ada dua teman saya yang datang terlambat. Langsung tanpa basa-basi Pak Imam memarahi habis-habisan. hehehe... Penyampaian materi berjalan begitu menarik, sangat menarik. Sampai dipertengahan, eee teman tepat disebelah saya tertidur,,,, sontak langsung saja pak Imam menunjuk dan menyuruh keluar dia untuk mengambil air wudhu, kemudian beliau nyeletuk ; "lek sek ngantuk ae bentokno ndas neng tembok iku" (kalau masih ngantuk saja setelah wudhu, benturkan saja kepala itu ke tembok). Cukup lama membahas teman yang tertidur tadi hingga kembali lagi pembahasan mengarah kepada teman yang sempat terlambat tadi. Kata-kata beliau yang mengundang gelak tawa teman-teman adalah "lek ngelemprek ae awakmu, wes matio ae, timbang islam akeh tapi gak enek manfaate ; sambil nduding temenku yang Datar Tanpa Ekspresi, alias MLONGO.... :))

Pak Imam Nachu merupakan seorang pengusaha di bidang properti. Beliau memulai usaha bisnis properti semenjak tahun 2001. Sebelumnya beliau adalah karyawan dari sebuah perusahaan swasta di Surabaya. Merasa gaji yang diperoleh tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga akhirnya dengan perenungan yang panjang beliau memilih jalur sebagai pengusaha. Awal perjalanan beliau seperti halnya pengusaha pada umumnya tidak semudah memejamkan mata, beliau memulai menjadi pengusaha adalah dengan membeli tanah dengan ukuran 2 hektar seharga 1,5 . Padahal tabungan yang dimiliki oleh beliau hanya berjumlah 20 juta, itu pun uang jatah untuk nyicil buat rumah. Singkat cerita beliau akhirnya mencari-cari pinjaman ke berbagai macam bank, dan alhamdulillah tidak ada satupun bank yang menerima proyek proposal yang ditawarkan beliau. Tanpa pikir panjang beliau teringat konsep "jamaah" yang begitu dahsyatnya dalam membangun kekuatan ummat. Beliau kemudian menghubungi banyak kawan-kawan yang berminat bergabung dalam proyek proposal beliau, alhamdulillah terkumpul uang sekitar 500 juta dari 150-an kawan. Sehingga proyek proposal tersebut deal dan berkembang sampai sekarang. Beliau telah mengembangkan beberapa perumahan di Jawa Timur diantaranya di Pasuruan, Madiun, Surabaya, dsb. Dalam waktu dekat beliau berencana membangun sebuah hotel di jalan Ahmad Yani Surabaya.

Diantara hal-hal yang disampaikan oleh beliau yang ingin saya bagi kepada anda adalah :

1. Akar masalah umat islam itu yang tampak diatas permukaan adalah EKONOMI, sedangkan yang dibawah permukaan adalah AQIDAH.

2. Saya beragama islam dan bertahan sampai sekarang bukan karena saya bapak saya islam (bapak beliau meninggal semenjak beliau kecil). Tapi saya bertahan kepada agama islam karena Islam lah agama terhebat.

3. Islam itu agama HEBAT, namun orang-orang nya yang belum menjadi PRIBADI  yang HEBAT.

4. Allah SWT. menciptakan alam semesta yang menurut akal kita begitu rumitnya saja bisa dengan mudah, masa Allah SWT. menjadikan KAMU SUKSES tidak bisa???.

5. Kegagalan bagi pengusaha itu ibarat mundur untuk melompat, tidak ada yang mampu melompat tanpa mundur terlebih dahulu, kalaupun ada pasti jatuh. Lha kalau orang tidak bermental pengusaha, ketika dia gagal akan berhenti, ibarat mundur terus nggeblak / jatuh.

0 komentar:

Posting Komentar